Cara Membuat Kue Pai

Pai Pisang Nanas

pai pisang nanas

Bahan Untuk Membuat Pai Pisang :

Lapisan 1 : 

250 gr margarine, 500 gr biskuit mari, tumbuk sampai halus.

Lapisan 2 : 

50 gr margarine, 100 gr gula halus, 150 gr nanas, cincang, 150 gr pisang raja, iris bulat ½ cm, ½ sdt vanili.

Lapisan 3 : 

100 gr margarine, 200 cc susu/air, 125 gr tepung terigu, 5 kuning telur, 3 putih telur, kocok sampai kaku.

Cara Membuat :


Lapisan 1 : 

Lelehkan margarine di atas api kecil, masukkan biskuit lalu aduk sampai rata. Angkat. Tuang ke dalam loyang ‘springform’ (loyang bongkar pasang), dan ratakan sambil dipadatkan setebal 1 ½ - 2 cm. Lalu panggang selama 10 menit dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 180 derajat C sampai mengeras. Angkat. Sisihkan.

Lapisan 2 : 

Panaskan margarine. Masukkan gula, nanas, pisang, dan vanili,, aduk. Masak sampai matang dan mengembang, angkat. Tuang di atas ‘lapisan 1’, ratakan. Sisihkan.

Lapisan 3 : 

Rebus margarine dan air/susu sampai mendidih dan margarine mencair. Masukkan tepung terigu sekaligus ke dalamnya, aduk sampai menggumpal dan matang. Angkat. Setelah agak dingin, masukkan kuning telur, satu persatu sambil dikocok sampai halus. Masukkan putih telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tuang adonan di atas ‘lapisan 2’. Ratakan dan panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat C sampai kue matang dan berwarna kuning. Selama memanggang, oven tidak boleh dibuka.

Untuk 25 potong



Pai Jeruk Apel

pai jeruk apel

Bahan Untuk Membuat Kue Pai Jeruk Apel :

8 buah apel diiris tipis, 2 sdm tepung terigu, 2 sdm juice jeruk, ¼ sdt garam, ¼ sdt bubuk kayu manis, 1 adonan pai, seperti dalam resep pai apel, 1 sdm mentega, 5 iris keju cheddar, Susu cair secukupnya.

Cara Membuat Kue Pai Jeruk Apel :

Dalam mangkuk besar, campurkan apel, tepung, juice jeruk, garam, ½ cangkir gula, ¼ sdt kayu manis. Sisihkan. Buat adonan-adonan pai. Lapiskan pada sekeliling pinggan. Isikan campuran apel tadi ke dalamnya. Oleskan mentega di bagian atasnya. Tutup dengan sisa adonan pai yang telah digilas tipis. Olesi bagian atasnya dengan susu. Dari sisa adonan, dapat dibentuk daun untuk hiasan. Panggang dalam oven. Setelah matang, hias dengan irisan keju yang juga telah dibentuk daun. Bila suka, dapat ditaburi gula halus.


Pai Apel

pai apel

Bahan Untuk Membuat Kue Pai Apel :

7 buah apel masak diiris tipis, ¼ cangkir gula pasir, ¼ cangkir gula merah, 1 ½ sdm tepung terigu, 1 sdt bubuk kayu manis, ¼ sdt garam, ½ sdt juice lemon, 3 sdt mentega, Es krim vanili secukupnya.

Bahan Untuk Kulit :

2 cangkir tepung terigu, 1 sdt garam, ¾ cangkir mentega, 5 sdm air dingin.

Cara Membuat Kue Pai Apel :

Campurkan tepung terigu dan garam. Tambahkan mentega. Adon sampai rata benar. Percikkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diadon sampai membentuk bola. Gilas hingga pipih, letakkan pada piring tahan api. Potong pinggir-pinggirnya sesuai bentuk piring. Campur menjadi satu bahan-bahan untuk isi. Letakkan di atas adonan kulit. Tutup dengan sisa adonan kulit yang telah dipipihkan. Panggang dalam oven. Setelah matang, hidangkan dengan es krim di atasnya.


Pie Dua Rupa

pie dua rupa

Bahan Untuk Membuat Kue Pie Dua Rupa :


Bahan Untuk Kulit :

150 gr mentega, 75 gr gula pasir, 3 kuning telur, 300 gr tepung terigu.

Bahan Untuk Isi : 

2 apel malang, kupas lalu parut, 1 buah jeruk lemon diambil airnya,50 gr gula pasir, 2 sdm maizena, 1 kaleng buah peach ukuran besar (sebagian dihancurkan, sebagian diiris halus), 1 buah apel malang, diiris tipis untuk hiasan atas.

Cara Membuat Kue Pie Dua Rupa :

Campur mentega bersama tepung terigu, gula, dan telur. Aduk rata. Cetak di dalam pinggan tahan api yang telah diolesi mentega. Tusuk-tusuk dengan garpu. Bakar selama 10 menit. Sementara itu, masak apel bersama jeruk lemon, gula pasir dan sedikit gara, juga maizena. Aduk rata sampai kental. Angkat. Setelah agak dingin, masukkan buah peach lumat. Taruh adonan di dalam mangkuk pie. Susun berselang-seling apel dan buah peach. Bakar hingga matang.

Untuk 15 potong



Kue Lapis Apel

kue lapis apel

Bahan Untuk Membuat Kue Lapis Apel :

1 cangkir tepung terigu, 4 sdm mentega, 1/8 sdt garam, Gula dan air secukupnya, 6 buah apel yang sedang besarnya, 1 sdt juice lemon, 285 gr selai nanas atau lainnya.

Cara Membuat Kue Lapis Apel :

Campurkan mentega, tepung, garam, 2 sdm gula dan 2 sdm air dan remas-remas sampai membentuk bola. Bila kurang lembut, dapat ditambahkan air sedikit. Lapiskan pada bagian bawah dan sisi cetakan yang dapat dicopot bagian bawahnya. Dinginkan. Bagi 3 apel menjadi tiga bagian lalu iris-iris. Campurkan dengan juice lemon dan 2 sdm gula. Sisa apel (3 buah) dihaluskan dengan menggunakan blender. Campur dengan selai, lalu masak dengan api kecil sampai sangat kental. Tuang dalam kulit pai tadi, baru susun irisan apel di bagian atasnya. Panggang dalam oven.